Upacara 3 Oton Bagus

otonanTanggal 12 Februari kemaren, Bagus merayakan “hari jadi”nya yang ke tiga. Mungkin teman-teman pada berpikir “Oo.. Bagus ultah to…” Jawabannya bukan, hari jadi yang saya maksud disini adalah hari kelahirannya bukan pada penanggalannya. Hari lahir itu beda dari tanggal lahir, hari lahir anda akan anda temukan setiap 6 bulan (penanggalan Bali/Jawa) sekali. Perhitungan penanggalan inipun berbeda dari penanggalan Masehi, untuk penanggalan Jawa/Bali, 1 bulan atau 1 sasih dihitung selama 35 hari. Tapi saya ngga akan berpanjang lebar tentang penanggalan ini, tapi akan saya coba untuk membuat postingannya tersendiri (kalo ingat wekeke…)

Ini adalah rangkaian upacara anak di Bali, dimulai sejak lahir ada upacara Ngerorasin (12 hari), 1 Bulan 7 Hari (40 hari Masehi), 3 Bulan, 1 Oton s/d 3 Oton. Selanjutnya upacara yang dijalani selama hidup adalah Otonan di setiap 6 Bulan sekali (penanggalan Jawa/Bali) hingga pada saat memasuki usia remaja/akil baliq ada upacara Mejaya-jaya kemudian Mepandes (potong gigi) hingga si anak menikah nantinya (Pawiwahan).

Kayak gimana si upacaranya…? Nih saya kasi liat poto-potonya

21 thoughts on “Upacara 3 Oton Bagus

  1. Wah selamat yah Gus, udah ‘telung oton’ sekarang. Cepat besar yah.

    Btw, bagus-bagus fotonya bli.

    Bagus: iya pakde, doain bagus biar bisa cepet jalan ama ngomong yah (lah ini bisa ngeblog duluan?! wekeke…)

  2. Gitu ya bang? Ada upacara adat ya?
    wah…menambah pengetahuan neh….

    yande: wekeke.. gimana bung bendol ada yang lucu? coba klo bung bendol ada disini bakal ngakak ngeliat Bagus yang menggigil abis melukat wekeke…

  3. Makasih udah mampir diblog saya yg sederhana:-)

    Wah…saya jadi ingat dengan tanah leluhur nih:-)

    yande: sama-sama bli, meski jauh, semoga bli tetap ingat keluhuran orang Bali 😀

  4. asli lengkap banget… hehe…
    meriah n kayaknya asyik banget bs ada acara adat untuk tiap tanggal jadi y… mmm… *ngebayangin sendiri*

    yande: begitulah budaya Indonesia, di Bali sendiri antara agama dan adat sekarang cukup sulit untuk membedakan, semoga Bali terus tetap seperti ini bahkan semoga bisa lebih baik

  5. kok saya tak diundang heeee….

    budaya di indonesia beda2 n acara tiap provinsi pasti ada perbedaan tpi indonesia tetap lah satu…

    yande: setubuh!! eh setuju!!

  6. wahhh, rame acaranya blih, dan si bagus keliatannya juga enjoy banget (^_^) hehehe… Tapi saya ga ngerti tentang penanggalan jawa/balinya, boleh jg kapan2 jadi bahan postingan 😀

    yande: iya enjoy dan kedinginan wekeke, untung ngga flu dia. Eh gimana Lex ada perkembangan?

  7. waaaa bolak-balik hari jadi enak dunk……… dapet kado juga gakkk??????? hehehe…….

    yande: ya dapet dong.. makanya klo ultah kan cuma setaun sekali jadi dapetnya banyakan yang ini wekeke…

  8. melestarikan tradisi leluhur nih…..mantafff!
    jaman sekarang udah jarang yang mau begini bli…dengan alasan repot.

    yande: laa… itu dia bro, buat anak kok takut repot wess susah ya?

  9. Wah..slamat maz..smoga si bagus nantinya bs tumbuh menjadi anak yang berguna bagi keluarga, bangsa, dan negara..hohoho, oia maz, kalo di jawa, istilahnya wetonan, ternyata beda ya, di bali ma jawa,he5,,,*jelaz dun praz, adatnya kan beda,praz dudul..:-P

    yande: sebenarnya sih sama bro, hanya saja budaya yang sudah sedikit berbeda dari segi sesajen dan tata cara upacaranya sementara esensinya tetep sama kok. Kita kan juga keturunan Majapahit

  10. Wach aku tadinya juga pikir ulang tahun seperti yg biasa, ternyata disini ada budaya yang baru aku thu nich, beruntung aku baca blog ini 🙂

    Sebuah tradisi yang harus tetap kita hargai dan kita jaga serta kita lestarikan 🙂

    Salam 🙂

    yande: senang bisa ikut menambah pengetahuan anda bro

  11. wah…rupanya adat bali benar-benar special ya.

    Yande, coba gambarnya dikasih keterangan…dan agak besar…jadi kami bisa tahu lagi acara apa.

    O..ya…selamat ya buat Bagus, …tambah gede, tambah lucu, tambah baik . 🙂

    yande: gambarnya diklik aja Ce, keterangan singkatnya udah saya isi coba pointernya diarahkan ke salah satu gambar

  12. Wah-wah, Yande…pas ngeliat photo Bagus, saya gemes banget, wajahnya & pipinya itu lho… lucu sekali. Sepertinya dia sangat menikmati upacara tersebut. Yande & isteri pasti bangga punya anak seperti Bagus. Semoga Bagus jadi anak yang pandai dan selalu menyayangi dan berbakti pada orangtuanya yach 🙂 🙂 🙂
    OK, sekian dulu …salam hangat buat keluarga tercinta yach 🙂 🙂 🙂
    Best regard,
    Bintang

    yande: iya mbak terima kasih. Semoga Bagus bisa mecontoh jiwa besarnya Pangeran ya mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s