Oakley Authentics Community

Have you heard about them?  Well.. i’ll explain about us then. Oakley Authentics Community adalah sebuah komunitas yang membernya adalah Oakleyholics (sebutan buat oakley fans yang lumayan dah cukup kelewatan), Komunitas ini ada sebagai bentuk atas solidaritas antara sesama penyuka Oakley yang mana selama ini udah cukup gerah melihat Oakley Counterfeits (KW, palsu).

Bagi kami sebenernya ga masalah sih orang mau nyari makan dengan berjualan bila memang menurut mereka itu halal (dibandingkan dengan nyolong, iya ngga?) hanya saja yang kami sayangkan akibat maraknya penjualan Oakley Counterfeits tersebut, premium brand ini seperti dipandang sebelah mata. Terutama sekali bagi yang awam tentang Oakley, kebanyakan memiliki pengertian yang sangat-sangat sederhana tentang Oakley; YANG PENTING ADA HURUF “O” NYA PASTI OAKLEY.

Sementara dari pihak Oakley Indonesia sendiri sepertinya terlalu sibuk mengurusi penjualan, tapi apakah mereka tahu perasaan O-Fans yang telah merogoh kantong dalam-dalam cuman buat beli Oakley kemudian melihat ada buanyak dagang asongan yang jualan Oakley Counterfeits di pinggir jalan? Trus musti gimana? Tangkap semua pedagang itu? Trus mencari jejak siapa dealer gedenya? Itu sama saja dengan motongin rumput, bakalan tumbuh dan tumbuh lagi.

Hal lainnya lagi, seperti pengalaman saya pengen beli oakley tapi dana cekak wkwkwk… kebetulan ada yang nawarin, dikarenakan ketidaktahuan dan keterbatasan akhirnya saya ambil sunnys yang mirip oakley juliet itu. Waktu itu saya diberitahu kalo itu oakley asli, hei… siapa si yang ngga pengen harga murah bisa ngeceng pake oakley asli dan lagi yang nawarin saya itu sohib saya ya ga ada prasangka apapun. Saya mengetahui itu counterfeits saat saya main-main ke Kuta, parahnya lagi saya dengan soknya ngeceng pake oakley counterfeits di dealer oakley. Parah kan?!. Tapi intinya adalah keawaman saya tentang Oakley lah yang menyebabkan saya tertipu.

Trus bagusnya gimana Nde? Nah, karena alasan tersebutlah saya membetuk komunitas Oakley, Oakley Authentics Community. Tujuan kami utamanya adalah sharing dan persaudaraan. Sharing segala hal tentang Oakley, terutama bagi siapapun yang ingin mengetahui bedanya oakley authentics dengan counterfeits.

Sharing tentang Oakley Knowledge, mungkin sedikit bisa saya paparkan disini

FAQ

  1. Q: Apakah Oakley itu hanya mengeluarkan kacamata aja?
    A: Tidak, selain sunglasses oakley juga mengeluarkan produk untuk Apparel, Sunnys, Prescription, Electronics, Footwear, Watches, Googles, Bag & Bagpacks dan pernak pernik lainnya.
    (http://www.oakley.com/products)
  2. Q: Untuk Oakley Sunnys, ada berapa macam si sebenernya?
    A: Hmm… dari segi bahan frame, Oakley itu dibagi jadi 7;

    • X-Metal
    • O-Matter
    • C-5 Alloy
    • Titanium
    • Carbon
    • Acetate

    • Memory Metal
      O-lluminium
      Magnesium
  3. Q: Apa sih bagusnya sunglasses Oakley?
    A: Bicara tentang kelebihan oakley terutama lensanya ada beberapa hal teknis yang perlu kita bahas sedikit;

    • HDO: Hi-Def Optick [proven], dalam beberapates terlihat bagaimana oakley lens mampu mereduksi distorsi dan pengaburan yang ditimbulkan akibat pengalihan cahaya oleh lensa. Mungkin anda pernah merasakan kelelahan saat menggunakan sunglasses dalam waktu lama, hal tersebut dikarenakan mata anda bekerja lebih keras di dalam mencari dan menyesuaikan titik fokus yang berubah akibat pembelokan sinar oleh lensa. Hal inilah yang terjadi saat anda menggunakan lensa dari merk lainnya
      Test:
      http://www.oakley.com/innovation/optical_superiority/hdo/proven
      http://www.oakley.com/innovation/optical_superiority/hdo/defined
    • Polarized, pernah merasakan silau akibat pantulan sinar matahari? Itu adalah salah satu bentuk radiasi liar dari sinar matahari, hal tersebut akan membuat syaraf mata menjdi kaget sehingga dapat menyebabkan seperti black out sesaat, tapi bagaimana bila hal tersebut terjadi pada saat anda sedang berkendara, terutama lagi dalam kecepatan tinggi tentu akan sangat berbahaya. Teknologi polarized yang dipatenkan pada lens oakley dapat meredam pantulan tersebut sehingga mata tidak perlu sport syaraf. Bedanya dengan polarized merk lain? Well… saya hanya sanggup mengatakan cobalah untuk dapat membuktikannya 🙂
    • Impact Protection, has proven by us… 🙂 Kita kemaren sempat mengadakan Gathering member diJakarta kebetulansalah satu TV swasta tertarikuntuk meliput kegiatan kami so disanakami sekalian demo kekuatan lens oakley. Ngga tanggung-tanggun kami hantamkan dengan palu berkali-kali namun tidak juga pecah. Bila ada yang masih mengatakan Oakley itu mahal maka saya akan mengatakan bagi saya masih jauh lebih berharga kedua mata saya ini 🙂
      Test: http://www.oakley.com/innovation/optical_superiority/impact_protection
  4. Q: Bagaimana cara membedakan antara Oakley Authentics dengan Counterfeits?
    A: Setiap jenis frame oakley memiliki cirinya sendiri-sendiri that’s why oakley’s unique tapi akan saya coba untuk memberikan clue-cluenya

    Frame diatas adalah Oakley Hijinx Black Matte / Grey Polarized, SKU no. 12-929, clues are:

    • Untuk polarized oakley lens, pada lens kiri bawah ada etching polarized
    • Bagian dalam earstem kiri terdapat embos merk produk (hijinx) untuk frame lain ada juga yg embos produknya di sebelah kanan earstem. Nama merk frame yang diembos biasanya hanya dimiliki oleh frame O-Matter sementara untuk frame C5 Alloy nama merk tertulis pada earstem bagian kanan dalam.
    • No. SKU. Saya permudah saja definisinya, yang dimaksud dengan no. SKU itu adalah nomor id untuk jenis produk semisal untuk Oakley Hijinx Black Matte/Grey Polar dia memiliki No. SKU 12-929 sementara untuk yang  Oakley Hijinx Polished Black/Grey Polar akan memiliki No. SKU 12-940

    Untuk beberapa frame lawas (x-metal) memiliki No. Serial pada earstem bagian kirinya.

    No. Serial. Beda dengan No.SKU,  No. Serial hanya dimiliki oleh 1 frame. Jadi klo No. SKU 12-929 mengidentifikasikan Oakley Hijinx Black Matte/Grey Polar maka setiap frame ini akan memiliki No. SKU yang sama (12-929) sementara untuk No.Serial bilamana ada 2 frame Juliet 1st gen maka mereka akan memiliki No Serial yang berbeda pula

    Nomer serial kini mungkin sudah tidak lagi dikeluarkan oakley, untuk frame X-metal pun saat ini pada frame mulai terpampang No. SKU seperti frame O-Matte.
    Oakley Serial number list: http://o-review.com/wiki.asp?name=Serial_List

    Tanyakan kelengkapannya, namun hal satu ini sebenarnya belum tentu bisa menjamin keotentikan suatu frame, dikarenakan saat ini saya perhatikan sudah banyak oakley counterfeits yang dijual komplit set seperti aslinya.

  5. Q: Okeh teorinya seperti itu tapi boleh dong ditunjukin secara riil antara counterfeits dengan authentics?
    A: Well… hope this can help you

Gambar diatas adalah comparing side by side antara Oakley Romeo Counterfeits dengan Authentics (right side). So saya harap brader2 bisa menemukan beda diantara keduanya, bukan bermaksud pelit loh tapi bila brader2 bisa menemukan sendiri saya yakin itu akan lebih lama terekam xixixi…

Semoga sharing ini berkenan bagi para blogger yang ingin tau tentang oakley authentics dan bila ingin tau lebih lengkap lagi klik aja: http://o-authentics.com

Salam,
I Wayan Kurniawan
OAC. 0000
Founder Oakley Authentics Community

10 thoughts on “Oakley Authentics Community

  1. Hello, salam kenal untuk semua

    mau showing off my collection nich . . . sebenarnya saya udah stop ngumpulin oakley dll, lagi seneng sepedah . . . tapi liat forum ini jadi ngileur lagi . . . . .

    “http://www.flickr.com/photos/dminggo

  2. senang sekali ternyata oakley ada komunitasnya …. bagaimana cara ikut gabung komunitas ini?… senang sekali bila bisa berkumpul dgn temen yg punya hobi yg sama

    salam

  3. saya punya juliet polarized yang ori sama yang kw (grade AAA). Jujur aja gan, kalo frame nya mungkin bisa dibedain dari SKU nya. Tapi kualitas frame dan kaca yang KW benar2 gak bisa dibedain sama yang asli. Oakley KW saya benar2 kuat dan gak pernah karatan sampai sekarang. Saya gak tau teknologi apa yang mereka pake buat palsuin tuh oakley.

    • Kalo dilihat dari frame sebetulnya ada banyak perbedaan bro kalo diamati dengan seksama. Untuk materialnya mungkin sama-sama dari metal ya bro, tapi yg authentics itu ada campuran titaniumnya lo bro makanya disebut x-metal.

  4. saya mau info penjualan lensa kacamata oakley original di medan karna lensa kacamat saya pecah. buat teman2 yg tau lokasinya mohon infonya dan berapa harga lensanya thank

Leave a comment