iPhone 4

Sejak awal tahun 2010, kaba-kabari tentang salah satu gadget Apple yang fenomenal ini memang memenuhi setiap headline setiap site yang mengulas tentang gadget. Yup… iPhone 4 “the phenomenon” kalo boleh saya sebut demikian, apa sebab saya mengatakan demikian? Karena saya telah menikmati semua seri iPhone mulai dari 2G hingga saat ini 3Gs, dan saya sungguh benar-benar menikmatinya. Mahal? Well… quality has a price bro…

Saat pertama kali memiliki iphone (2G), wah saya berpikir ini gadget cuman menang design dengan layar sentuh yang sensitif… tidak lebih! Betapa tidak, radio ngga ada, kamera… kecil pixelnya, belom 3G lagi! Tapi memang cinta itu buta, tetep saja nekat beli biarpun mahal… akhirnya keluar lagi iPhone 3G kali ini dengan 2 varian warna, dengan kapasitas storage yang lebih besar dan 2 varian tipe SU (Software Unlock) dan FU (Factory Unlock). Kemudian saya kembali mengenal istilah “jailbreak” yang berfungsi untuk melepas ketergantungan iPhone terhadap monopoly Appstore.

iPhone memang mengasyikan terutama bagi mereka yang memang memiliki jiwa keingintahuan yang lumayan besar. Rahasia di dalam firmware dan aplikasi-aplikasi yang disediakan baik oleh Appstore maupun repo-repo luar seakan tidak pernah habis untuk dioprek. Always found something NEW! Belum juga rasanya saya puas ngobrak-ngabrik isi iPhone 3G 16 Gb yang saya miliki eh… udah muncul lagi iPhone 3Gs yang menawarkan fasilitas yang lebih menggiurkan… Video mode! That’s it? Ngga juga ada kompas, ada voice recorder tapi buat saya video mode untuk kamera ini yang bener-bener luar biasa, oh iya sama feature copy and paste! Terlihat remeh tapi yakinlah bila anda hendak membeli Hp dicek dulu apakah ada fasilitas copy n paste atau tidak? Itu kebutuhan pokok buat gadget telpon seluler apalagi buat smart phone macam iPhone.

Trus ganti lagi? Ya terpaksa lahhh… ganti dari 3G ke 3Gs 32Gb, cari yang storagenya lebih gede buat nyimpen comic, he..? Iya, komik! sekarang saya bisa baca seri Naruto, One piece dan banyak lagi dari seri I sampe terbaru secara offline hehehehe… Tapi setelah memiliki 3Gs ini kenginan saya untuk mengutak-atik jadi sedikit tereliminasi, kenapa?

iPhone saya itu SU yang artinya kalo direstore dia akan ter-lock alias ga bisa dipake nelpon, jadi kudu dijailbreak dulu trus diunlock biar bisa kepake nelpon lagi.

Kalo dulu restore semudah 1,2,3… proses jailbreak pun tinggal ngikut aja tapi semenjak FW 3.1.3 dan dari pihak Apple mewajibkan (secara tidak langsung) untuk mengupgrade itunes (aplikasi Apple untuk PC) semuanya jadi serba mengesalkan. Lo kenapa? Karena untuk restore dibutuhkan itunes > pada itunes seri yang baru (9.2) proses restore firmware tidak bisa ke firmware yang lama… harus pake Firmware yang baru. Misal nih, iPhone saya pertamanya pake Firmware 3.1.2 trus heng-heng gitu naa… pas restorenya lewat itunes, aplikasi ini akan mendeteksi ke internet apakah firmware iphone yang hendak direstore ini adalah yang FW yang terbaru atau tidak? Kalo ternyata sudah ada uppdate ke Firmware yang terbaru ya.. proses restore harus menggunakan firmware yang terbaru…

Trus masalahnya apa dong? Firmware yang terbaru tentunya memiliki tambahan nilai plus dan sekuritinya, sebagai bentuk bila Apple berusaha memerangi segala bentuk hacking yang dilakukan user dalam bentuk jailbreaking dan unlocking yang menurut mereka hal tersebut merugikan Apple (appstore) dengan mitra kerja, para provider di setiap negara yang menyalurkan iPhone. Sementara kita para user kan kepinginnya bebas… kita beli kok ini iPhone bukanya nyolong kenapa harus diatur harus pake provider ini itu atau kenapa harus membeli aplikasi hanya pada Appstore?

Sekarang… belom juga ada setahun punya 3Gs eh santer terdengar  kabar akan muncul lagi iPhone 4. Jiahh… kadang saya mikir ini Steve Jobs sebenernya niat apa ngga si bikin barang? Kok kelengkapan dicicil-cicil gitu? Udah gitu jarak launchingnya pun deket banget!

Lalu apa si keunggulan dari iPhone 4 ini? Menurut sumber yangterpercaya> http://Apple.comiPhone 4 ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan kakak-kakaknya:

  1. Dual camera, iPhone 4 sudah siap digunakan untuk video calling.
  2. Retina Display, apaan tuh De? Jadi begini layar iPhone 4 sudah mengalami peningkatan yg drastis dalam jumlah pixel sampai dengan 326 px untuk setiap inchinya, pengaruhnya? Gambar menjadi jauh lebih jelas dibanding pendahulunya. Kemudian Retina Display itu untuk simplenya seperti ini, mata memiliki kapasitas tangkap dengan baik pada gambar di layar bila jauhnya layar itu lebih dari 22 mm, dengan retina display iphone diklaim mampu menampilkan tampilan yg lebih baik meski jarak mata-layar dibawah 32mm.
  3. Multitasking, simplenya seperti pada komputer kita di bagian taskbar bawah ada banyak aplikasi yang masih digunakan, dalam  iPhone lama perpindahan dari Aplikasi satu ke yang lainnya tidak mungkin bisa dilakukan jadi misalnya kalo pas kita lagi browsing trus ada sms masuk otomatis kita harus keluar dari browsing dolo buat lihat sms masuk. sementara untuk iPhone 4 user bisa berpindah dari aplikasi yang satu ke aplikasi yang lain sementara yang lainnya masih bisa jalan.
  4. iPhone 4 telah memiliki fasilitas HDCamera dengan kemapuan 5 mega pixel.
  5. Gyroscope, apaan lagi neeh? Nah.. iPhone lama hanya memiliki accelerometer dimana layar akan mengikuti arah iPhone padasaat berdiri gambar pada layar akan berbentuk potrait kemudian bila dimiringkan layar akan menjadi  landscape…(untuk ini banyak banget perusahaan yang memplagiatnya) nah sekarang iPhone 4 ditambah lagi dengan Gyroscope yang akan mengubah tampilan tidak hanya kedalam dua bentuk saja akan tetapi mengikuti fully circle, sebagai tambahan banyak sekali app iPhone terutama games yang menggunakan fasilitas accelerometer ini diharapkan dengan ditambahnya Gyroscope akan membuat aplikasi menjadi lebih atraktif dibanding sebelumnya.

Untuk saat ini walaupun iPhone 4 telah diluncurkan secara resmi akan tetapi kayaknya bakalan lama untuk nyampe di Indonesia, sama halnya seperti seri-seri pendahulunya.

Yangmenjadi pertanyaan apakah bisa iPhone 4 masuk Indonesia? Lah, kenapa ngga? Sebentar… permasalahannya iPhone 4 tidak menggunakan SIM card yang ada dipasaran saat ini, mereka menggunakan mini SIM Card. Bila dulu Telkoms*l sebagai provider yang ditunjuk Apple untuk distribusi iPhone di Indonesia, dengan adanya perubahan hardware yersebut maukah telkoms*l membuat secara khusus mini SIM card agar bisa digunakan di iPhone, well that’s mean another cost, sementara kemungkinan terjual pun rasanya ga bakal selaris manis merk lain.

Yah… apapun keputusannya nanti, bagi saya sih sama saja… kenapa? yup karena saya rencananya mau beli dari luar aja dah tapi nanti begitu kondisi keuangan mulai pulih xixixi…

iPhone 4 vs iPhone 3Gs





11 thoughts on “iPhone 4

    • kalo bro mo beli yang FU, tanggal 25 besok bisa beli di ebay, atau kalo punya sodara/temen di UK bisa beli di UK, yang di US masih SU. Kejauhan? Kalo gitu nunggu launchnya di Singapopre aja minggu kedua bulan juli mungkin udah launch.. Indonesia? 6-12 bulan lagi kayaknya wkwkwk….

      • klo nunggu iphone 4 masuk indonesia kayaknya bakal kelamaaaan tp denger2 mau dikontrak lagi ama telkomsel, udah ga sabar nih pingin cobain iphone 4, kyakanya mau beli luar aja deh.. ,,klo beli di ebay ama di aple store singapura kira2 murahan mana ya???

        • beli di ebay masih mahal bro… contoh di Apple UK iphone 4 32 Gb seharga 599 pound tapi di ebay bisa naik sampe 700an.

          klo singapore munkin tanggal 14 july udah masuk, tinggal s’pore sama aussy aja neh… keduanya ngeluarin FU soalnya. Kalo T-Sel mau ngeluarin FU dan itu tanggal 14 july juga ya mending ambil di Indo… secara beli di luar pasti kena pajaknya.. kena PPnBM lagi..

  1. pak wayan, . . yang saya mau tanyakan, . . apakah iphone yang d beli dari luar bisa digunakan d sini (seandainya sim card sudah bukan masalah lagi). . . soalnya saya punya kakak dari us yang liburan ke indonesia, handphonenya g bisa dipake kayak ke lock gitu, (merknya samsung) apakah iphone juga begitu’?

    • iPhone ada 2 versi bro SU dan FU, saat ini untuk SU dengan FW 4.0.1 sudah bisa di unlock jadi bisa dipake di Indonesia sementara untuk FW 4.0.2 (untuk iphone 3G, 3Gs n 4) belom bisa diunlock dengan aman… Alias masih trial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s