Oakley Custom

Customize. Personalize. Identify. Make it Your Own

Klo kemaren kita ngobrolin koleksi oakley milik saya, sekarang saya kepengen berbagi tentang how to custom oakley. Custom… why? Mungkin banyak yang bertanya kenapa si kok sunglasses udah bagus-bagus gitu diotak-atik lagi? Jawaban saya si.. klo bisa berbeda kenapa harus sama.

Oakley sendiri pun bahkan mau membuatkan produk sesuai dengan keinginan konsumennya meski itu cuman 1 pieces, konsumen bisa memesan custom produk yang disukainya melalui http://www.oakley.com/custom

Lalu seandainya kepengen custom sendiri? Why not… cekidot this sick oakleys

How to custom? sebelumnya saya pribadi memilah-milah custom oakley itu menjadi 2 level, soft custom dan hard custom. Pada soft custom, kita hanya melakukan custom-custom sederhana tanpa merubah frame misalnya seperti ganti lensa dan ganti rubber pads. Ganti lensa pun dalam hal ini, kita menggunakan lensa yang memang telah dibuat untuk frame tersebut atau bukan lensa custom cut. Sayangnya dari oakley, lensa-lensa yang bisa dicustom pada frame-frame tertentu cukup terbatas tipenya, misal untuk juliet hanya tersedia lens fire, ruby, black irid, ice, slate dan emerald. Padahal kalo menurut saya banyak lagi lensa-lensa yang ganteng banget lo dipasang pada juliet misal seperti OO Blue irid, +red, 24K dll.

Bila kita misalnya tetep ingin menggunakan lens OO blue irid maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan custom cut, how to do it, cekidot below:

alat:
-dremmel (bagusnya kalau pake flexible shaft) tp saya nda pake..
-barrel sander 400 grit (terserah mau yg mana2 hasilnya nda jauh beda)
-lensa tentunya (boleh dari m-frame dll, tergantung mau custom lensa apa)
-masking tape (merek tamiya)
-bolpen atau sharpie
-cutter atau x-acto Knife (bisa didapat di gramedia)

disini saya coba custom lensa oakley pocket (jadul punya)
yg saya pake lensa juliet ducati..
lensanya bekas ya, keterangan sedikit. ini lensa yg biasa saya pake tuk pamerin ke temen2 hebatnya lensa oakley. jadi ini lensa da di injak2, dipukul2 pake palu dan yg paling parah di peot2in sampe bengkok. tapi inilah hebatnya lensa oakley dia nda patah sama sekali..
makanya saya anjurkan kalo mau custom carilah lensa oakley. jangan pake lensa lain, karena lensa lain bisa patah atau pecah dan ini membahayakan mata. selain proteksinya nda seberapa dibanding lensa oakley. Selain itu poin yg paling penting lensa oakley ya paling cocok tuk frame oakley karena da diciptakan begitu.. basi bangets ya hehehehehe…

nb. hasil custom adalah yg dibawah…

okay jadi gini nih caranya ya, mudah bangets yg penting sabar dan teliti..

lensa yg mau dipotong pertama2 kita lindungi menggunakan masking tape. gunanya ya tuk menghindari baret dll. hal2 yg tidak diinginkan gitu lho..

setelah itu ambil lensa yg diinginkan lalu taruh diatas lensa yg sudah dimasking tadi dan buatlah garis menngelilingi lensa tersebut. ya sama aja kaya bikin mal gitu deh. biar kita tau kemana arah potongannya.

setelah itu ambil cutter atau x-acto knife buat potongan diluar garis yg kita buatdi nomor dua. gunanya supaya masking tape yg di bagian luar garis yg kita buat bisa dibuang. dan kita bisa tau bagian yg harus dipotong yaitu bagian yg tidak terlindungi masking tape.

setelah itu mulai deh bagian paling menyenangkan, ini tuk saya ya. da tau deh yg lain hehehehe…
dengan menggunakan dremmel dan barrel sander potong perlahan2 sampe mendekati luar garis yg dibuat kurang lebih mendekati sekitar 1 mm dari garis batas potongan. Buatnya melingkar pastinya ya biar mendekati bentuk lensa yg diinginkan. setelah lanjut sampe persis dibagian luar garis, hati2 ya jangan sampe kebablasan potong sampe kedalam garis. karena bisa rusak deh bentuk lensanya ..
setelah itu haluskan bagian belakang potongan supaya bentuk potongan lensanya. Rapihkan sampe bener2 harus potongannya. setelah itu coba paskan lensa ke frame, kalo masih agak sempit coba haluskan lagi sampe ke bagian garis. pooknya pinter2 aja deh ya. pake feeling, pasti bisa. Setelah yakin pas, coba pasang lensanya. dan kalo sudah pas terpasang lensanya ke frame.

copot lensanya dan lepas masking tapenya, kemuadian bersihkan lensanya. Setelah bersih pasang deh ke framenya.
dan nikmati hasil kerja anda.



pada link video diatas kita bisa lihat bagaimana presisinya lensa yang dibuat oleh oakley dibandingkan lensa dari kacamata yang lain, sehingga bila kita melakukan custom cut akan besar kemungkinan terjadi distorsi pada kepresisian lengkungan lensa. Memang mungkin pengaruh tidak akan terlalu terasa dalam jangka pendek, namu setelah dipake lama barulah efek seperti mata lelah atau leher pegal mulai terasa. Namun buat saya sih itu pengorbanan bagi niat buat ngeceng xixixi… yang penting  jadi pusat perhatian.

Next post… Hard Custom

6 thoughts on “Oakley Custom

  1. Wah, thumbs up buat customized skill nya..

    Saya mau tanya apakah semua lensa oakley bisa dipakai buat customize? saya punya Fatcat jadul dan lensanya sudah lepas2 coatingnya. Dari segi bentuk, mirip monster pup. dan lebih besar. Bisakah saya apply customizing diatas dengan lens monsterpup? karena nyari replacement lensnya buat fatcat itu sudah clueless.
    Thanks sebelumnya.

    • secara umum lensa oakley yang bisa dipake untuk custom cut adalah lensanya seri radar bro, dikarenakan besar dan varian warnanya yang banyak. sama seperti juliet klo bro mau nyari lens G26 buat juliet wah ga bakalan nemu kecuali custom cut sendiri atau beli aftermarket lensnya.

      klo mau order buat custom cut buzz aja saya or leave message berikut email dan no HP yang bisa dihubungi yah

      • Wow . . . nice works. Saya juga seneng ngumpulin oakley glasses tapi ga kepikir potong/cut lens untuk ganti/custom

        nanti saya mau coba cut some lens

        Thanks untuk shraring

        mgo8@yahoo.com

  2. mw tanya kalau kita order barang langsung di oakley.com/ apa bisa dikirim juga ke Indonesia yah ?? bakalan naik ga harganya 😉 🙂 , saya cari2 di off site nya dikata cuma free shipping utk state US aja gratisannya ,

    btw tks untuk jawabannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s