Upacara 3 Bulan Gek Lan

Aduh… gek lan maapin bapak ya nak, sebenarnya acara ini sudah berlangsung pada tanggal 10 Mei kemaren. Mungkin bagi yang belum mengerti, upacara 3 bulanan itu identik dengan upacara bagi bayi yang hendak “napak pertiwi” (menyentuh bumi pertiwi) untuk pertama kali. Maksudnya? well, bagi sesama orang awam mungkin cuma itu dulu yang saya ketahui, emang sih semenjak Sasmitha Dhanantari (Gek Lan) anak saya yang kedua lahir pada tanggal 11 Januari 2009 kemaren, barulah tanggal 10 Mei kemaren kakinya menjejakan bumi. Karena konon menurut orang tua ada beberapa hal yang harus diupacarakan saat bayi diperkenalkan pada Bumi, dalam hal ini adalah “unsur-unsur manusianya”, saya sendiri pun sampai saat ini masih mencari “kebenaran” adanya “unsur” tersebut oleh sebab itu saya belum bisa berbicara banyak.

Ada banyak sekali runutan  upacara pada bayi, setelah bayi lahir ada upacara 1 bulan 7 hari sebagai perkenalan kepada para leluhur, 3 bulanan sebagai perkenalan kepada bumi, 6 bulanan sebagai peringatan hari kelahiran. Apapun bentuk dan maknanya sebuah upacara, intinya hanyalah memohon keselamatan hal tersebut yang dulu selalu merongrong otak saya, padahal setiap upacara memiliki maknanya sendiri. Semoga saya bisa perlahan-lahan bisa mengkaji satu demi satu arti runutan upacara yang saya lakukan sebagai manusia sebagai salah satu syariat saya kepada Nya. Mungkin itu sedikit pemanis posting ini, selanjutnya silahkan melihat-lihat foto acara 3 bulanan Gek lan…

7 thoughts on “Upacara 3 Bulan Gek Lan

  1. Alo bli..aduh gek udah tambah ‘kelih’ yah, semoga selalu sehat dan dalam lindungaNya..

    Sangat menarik memang ‘cara’ kita di Bali untuk menunjukan rasa syukur kepada sang Pencipta dan terlebih lagi pada ‘manusia’ itu sendiri. Rajin-rajin yah bli mencatat nanti saya contek-contek sikit, sapa tau ada yang perlu saya tambahkan pada ‘catatan’ saya.
    Tnx b4 and selamat buat gek.

  2. halo bro yande, dari mana aja nih? (^^)

    foto yg pertama lucu banget, gek lan lagi serius latihan gerakin barang pake pandangan mata ya? 😛 hehehe

    Selamat ya!

  3. Hello very nice website!! Guy .. Beautiful .
    . Wonderful .. I will bookmark your website and take the
    feeds also? I am happy to seek out so many useful info here within the post,
    we’d like develop more techniques in this regard, thank you for sharing. . . . . .

Leave a Reply

