Pheng Shu Lin

peng-shu-linBanyak alasan untuk menyalahkan TUHAN. Banyak alasan untuk menyalahkan keadaan. Banyak alasan juga untuk selalu menggerutu, bahkan yang ekstrim adalah mengakhiri hidup. Seakan-akan semuanya lumrah dan wajar ketika manusia dalam keadaan putus asa dan mengal ami masa sulit dalam kehidupan. Bagaimana bisa selalu tersenyum dan bersyukur dan tersenyum menghadapi keadaan yang terburuk dalam kehidupan kita? Apakah Anda dan saya sedang merasakannya? Lihatlah gambar ini dan marilah kita belajar dari beliau.

Namanya Peng Shulin dari China . Pada tahun 1995 dia mengal ami kecelakaan sebuah truk sehingga mengakibatkan tubuhnya terbelah menjadi 2 bagian. Akibatnya mulai bagian pinggang hingga kaki harus dibuang, sehingga dia harus hidup hanya dengan tubuh dari pinggang ke atas.

Ada lebih 20 orang dokter spesialis yang berjuang keras menyelamatkan hidupnya pada saat itu. Dan yang pasti, menurut mereka adalah sebuah keajaiban bila Peng Shulin bisa berhasil mempertahankan hidupnya. Bagian bawah tubuhnyapun harus ditambal dengan cara mengambil kulit di bagian tubuhnya yang lain.
Penderitaan baru saja dimulai ketika Peng harus mengal ami tekanan mental dan fisik yang dihadapinya. Mengapa? karena meskipun dia bisa bertahan hidup, hari-harinya harus dilalui di tempat tidur. Total 12 tahun dijalani Peng hanya di tempat tidur. Dia tidak memiliki organ tubuh bagian bawah untuk membantu menyangga tubuhnya saat hendak berjalan dengan kedua tangannya. Terapi kejiwaan harus dijalaninya dengan amat sangat sabar. Peng harus mempersiapkan hal terburuk yang harus dilalui untuk menjalani waktu di depannya.

Tetapi bukan Peng bila berputus asa. Senyumnya dan ketegaran hatinya yang luar biasa membuahkan hasil. Tim dokter yang selalu mengawasi perkembangannya, Pusat Penelitian Rehabilitasi China di Beijing selama ini berpikir bagaimana caranya agar Peng bisa beraktifias seperti manusia pada umumnya. Dan hasilnya, sebuah alat bantu telah diciptakan seperti yang terlihat pada gambar.

Seorang Peng Shulin yang sederhana dan selalu tersenyum dan bersyukur karena masih bisa hidup, kini sangat bergembira. Melalui terapi latihan otot-otot tangan yang diberikan, terapi dan belajar jalan, alat tersebut mampu membantunya bisa berjalan. Dan tentunya masih banyak kesulitan yang harus dihadapinya di masa mendatang.
Mungkin kita akan kagum dan terharu melihat kisah dan kehebatan Peng Shulin dalam menghadapi masa-masa tersulit dalam hidupnya, tetapi pertanyaannya adalah apakah kita bisa bertahan bila “kita” di posisi Peng Shulin? Pasti Anda sependapat dengan saya bahwa jawabannya sangat tidak mudah.

Dan itu pula yang salah satunya bisa menginspirasi kita. Ketika kita mengal ami masa-masa tersulit, baik dalam hal pheng shu lin 2pekerjaan, pribadi, ataupun keluarga, jangan putus asa. Cobalah untuk tidak menggerutu karena itu akan semakin menambah beban kita. Lihatlah gambar Peng tersebut dan bayangkan bagaimana kira-kira Peng berjuang melawan keputus asaannya yang kehilangan separuh tubuhnya untuk selama-lamanya. Betapa sangat menderitanya 12 tahun hidup hanya terbaring di tempat tidur dan melawan tekanan psikologis dan fisik yang besar.

Bila Peng bisa tersenyum dan bersyukur dalam keadaannya sekarang, Anda dan saya juga pasti bisa. Tersenyumlah, bersyukurlah dan berpikirlah positif. Hidup harus terus berjalan. Jangan pernah menyerah!

Semoga kini anda bisa menghargai paling tidak dimulai dari diri anda sendiri dulu saja… 🙂

19 thoughts on “Pheng Shu Lin

  1. Ya…Pheng Shu Lin adalah contoh yang Tuhan berikan buat kita,bahwa apa yang kita miliki jauh lebih sempurna…tapi knapa kita susah sekali merasa cukup!

    Renungan yang menggugah hati!

  2. Terbelah apa kepotong ?
    Wahhh masyaallohhh luar biasa yaa Allah Maha Kuasa Engaku Yang menggenggam hidup Mahluk ciptaanMu…..
    Sangat tepat untuk bahan renungan…. btw. nice post mas.. thax.

  3. subhanallah. betul mas yande, apakah kita mampu setegar mr. pheng bila kita ada di posisinya? wallahua’lam. kalau kita bilang bisa, it’s easy said than done, toh?

    god forbid, anyway. semoga kita selalu dilindungi oleh-Nya. tapi kita tetap harus belajar banyak dari pengalaman orang lain. dia yang cacat saja bisa tersenyum, mengapa kita yang lengkap begini masih suka mengeluh?

  4. terkadang kita menyalahkan Tuhan ketika kita ditimpa masalah tapi kita sendiri lupa ketika diberi keberkahan harta dan umur kita sendiri lupa untuk mensyukurinya…..

    moga cerita diatas memotivasi rasa bersyukur kita kepada Allah SWT

  5. Seorang Peng Shulin bisa dijadikan inspirasi dalam menjalini kehidupan yang sulit ini….di saat kita merasa putus asa, lihatlah ke bawah…betapa banyak orang yang memiliki kekurangan yang lebih banyak dari kita…jadi dalam hidup ini kita musti bersyukur…bersyukur pada apa yang telah Tuhan berikan bagi kita…Jadi bli yande tetaplah semangat!!!!!

    yande : HAIKKK!! Kawai Ayuuu…, Ayu-chan honda yamaha kawasaki yah *terjemahannya, Ayu juga semangat yah*

  6. kamu bener2 salut aku..
    aku nyesel bgt ma TUhan seharusnya aku bersyukur..
    aku malu …
    kamu benr2 hebat bgt kk pheng..
    aku ga malu kalo punya papa kayak kamu..
    aku bangga bgt malah..kesabaran kamu yang buat aku two thumbs up for u

  7. Pheng shu lin….. ni hen phang… aku salut dengan semangatmu…. di saat sebagian orang merasa putus asa… pheng shu lin tetap semangat dengan yang di terimanya. apapun adanya hidup ini harus kita syukuri dan jalani saja…
    dua jempol teracung untuk semangatmu pheng shu lin….

  8. salut banget aq ma kamu pheng shu lin… ketegaran dan kesabaranmu membuatku diriku ini sadar akan berartinya hidup ini tanpa keputusasaan bila dijalanani dengan penuh semangat dan kebahagiaan. Semoga Tuhan Memberkatimu. Amien.

  9. ih..kasusnya sama dengan kerabat teman bibiku…aku sempat liat dan dia sekarang hampir 8tahun tergletak dikamar tidak berdaya hanya tidur terlentang…sayangnya tidak ada yg bisa ngobatin or nyembuhin dia…ya allah kasian bgt…

  10. salam kenal buat semua.. ini fb .q AGUS STYAAT
    barangkali pgn liat dia..hehehe…liat dia bisa bikin hidup kita semangat karna kita akan nyadar bahwa ada orang yg lebih menderita dari kita….nasib dia sama dgn pheng shu lin…tp bedanya pheng shu lin ada yg peduli…sedangkan dia blm ada yg tau semua….klo liat dia pasti kalian2 sedih…

  11. Sejenak diam…. karena Melihat Kebesaran Tuhan…
    Pelajaran yang sangat berharga bagi yang selalu pingin Sempurna…
    Hal yang terbesar yang diharap Tuhan mungkin adalah Kita Pandai Bersyukur…….dan Memuliakan Kekuasaaanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s