Bagus sekarang udah besar

I Wayan Bagus Satria Weda

Dia lahir 1.5 tahun silam tepatnya tgl 22 Mei 2007, waktu itu aku masih ingat betapa tidak berdayanya dia. Saat pertama kali dia menatap saya dengan mata yang penuh dengan kepolosan, menyadarkan diriku kini aku adalah seorang Ayah.

Bulan demi bulan aku melihat dia tumbuh menjadi anak yang sangat sesuai dengan namanya “Bagus”, banyak orang yang bilang “untunglah ngambil mamanya, bukan papanya” sebenernya si kesel juga tapi aku anggap itu sebagai pujian. Yah benar aku tidak memerlukan segala pujian dan rayuan. At this time, those all i dedicated to my son. Kini aku telah merasakan ternyata menjadi orang tua itu sama sekali tidak gampang (padahal baru 1.5 tahun tapi serasa sudah 15 tahun…). Si Bagus sekarang sudah bisa “ngambul”, ya bayi umur 1.5 th ini sudah bisa ngambek hehehe… kayak udah ABG aja.

Seperti kemaren malam, mungkin sekitar pukul 02.00 atau 01.00 entahlah soalnya kamar cukup gelap waktu itu. Bagus terbangun kehausan mungkin dia sempat meraba-raba mencari botol susunya dan mulai mengisap dotnya tapi rupanya isinya sudah habis sedari tadi. Kemudian dengan perasaan kesal akibat ngenyot botol kosong, dia lempar botol itu ke arahku. Wiihhh mungkin bagi yang belum punya anak bakalan ketawa kalo melihat ekspresi kaget ku terkena lemparan itu, meski aku tahu dia menginginkan susu tapi entah mungkin akibat kekagetanku tadi sisi egoisku jadi timbul. Ku taruh botolnya di meja sisi tempat tidur lalu kulanjutkan tidurku, tak sampai lima menit kemudian Bagus mulai menangis merajuk, mamanya pun terbangun dan mulai meracik susunya. Tak sampai lima menit susupun siap untuk diminum dan aku yakin warung makan manapun masih kalah cepat pelayanannya dibandingkan kecepatan istriku di dalam membuat susu, tapi anakku itu sudah terlanjur ngambek, botol susu yang diberikan mamanya pun ditampiknya.

Kesepian malam itu pun pecah oleh tangisannya, aku yang tadinya telah kembali bermimpi terbangun oleh hentakan kakinya Bagus, kucoba untuk menenangkannya dengan cara mengalihkan perhatiannya pada mainannya namun hasilnya mainan itu pun turut menjadi kaum terbuang. Mamanya, neneknya, kakeknya semua berusaha untuk menenangkannya namun yang ada mereka seperti membuat anak itu menjadi tambah kesal. Akhirnya kupaksa gendong dia dan aku ajak keluar untuk mencari udara segar, meski untuk itu dia menjadi tambah marah. Selang beberapa saat kemudian entah karena kecapekan atau bosan menangis dia kembali tertidur di pelukanku.

Setelah kembali kubaringkan dia di tempat tidur, kupandangi pulas tidurnya seperti seakan-akan beberapa menit yang lalu tidak terjadi apa-apa. Terkadang lucu namun lebih sering mengesalkan kelakuan Bagus terutama saat pagi meulai menjelang. Dulu sewaktu dia masih berumur beberapa bulan aku masih ingat pukul 04.00 pagi dia terbangun namun tidak pernah mengganggu kami, kuketahui karena akupun sempat terbangun beberapa kali pada jam-jam tersebut. Dia hanya terdiam melihat langit-langit kamar atau bermain dengan jari-jemarinya, waktu setiap orang mengatakan betapa beruntungnya aku memiliki anak sepolos Bagus dan aku mensyukurinya.

Kini yang bisa kami lakukan hanyalah berusaha menjadi orang tua yang baik untuk Bagus dan adiknya yang masih menanti waktunya untuk lahir, kami tidak pernah tahu apa yang menyebabkan Bagus menjadi berubah. Mungkin kini waktunya bagi anak seumuran dia menjadi rewel atau ada faktor yang lain, kami hanya orang tua baru dan yang bisa kami lakukan adalah belajar menjadi orang tua yang baik.

2 thoughts on “Bagus sekarang udah besar

  1. Aduh senengnya mbaca, seakan-akan ada film di depan mata saya bli.

    Saya belum bisa membayangkan rasanya menjadi bapak seperti yang bli alami, mudah-mudahan saya segera menyusul. Menjadi anak, kakak, saudara,murid,masyarakat saja sudah begitu berasa tanggung jawabnya, apalagi menjadi seorang ‘bapak’, aduh jadi gimana gitu.. Btw keep share bli pengalamannya.
    Suksma.

  2. Pingback: Kupersembahkan ini untuk…(Ha…lah!) « rumah sanjiwani

Leave a Reply

