Menjelang Karya di Pura Pesimpenan Baturaya, Karangasem bag. 2

Selasa, 30 September 2008 – Jumat, 03 Oktober 2008

Persiapan lanjutan Karya di Pr. Pesimpenan Baturaya, wehhh untunglah ada semeton-semeton dari Ds. Batulantang, Petang. Suksme banget broo, klo ngga ada semeton-semeton ini mungkin kita cuman bisa merem melek ngga ngerti harus ngerjain apa. Bayangin, kita merakit 6 penjor hias yang beratnya gilee itu bambu sampai patah sewaktu dipancang. Belum lagi hiasan tetaring (hiasan yang terbuat dari bambu dan janur), membuat prelambang bumi pertiwi (gbr 106 & 103) itu terbuat dari padi dan buah-buahan loh! Ampun dahh gatelnya kena padi pokoknya capekk abess.

Selain itu semeton-semeton yang lain pada gotong royong menghias bangunan yang lain dengan kain-kain, memasang umbul-umbul sehingga suasana di Pura keliatan meriah. Meski dikerjakan oleh sebegitu banyak orang, pekerjaan hari itupun masih banyak yang tertunda dan malamnya semeton-semeton dari Ds. Batulantang memaksa untuk pulang, wehhh klo saya mungkin bakalan tidur sambil nyupir dah klo disuruh kembali ke Denpasar. Salutt

Selain hiasan-hiasan yang merupakan keunikan tersediri dari budaya Bali, ada lagi satu hal yang sampai saat ini selalu membuat saya terheran-heran,  banten atau sesajen. Untuk upacara Karya Mamungkah ini kami menurunkan banten sebanyak 6 truk! Matur suksma untuk Ratu Peranda Gede Ds. Cau Belayu atas picanya (hadiah) sungguh bukan main-main seandainya kami harus mengeluarkan uang untuk banten ini mungkin tidak kurang dari 100 juta nilainya. Semoga Ida Bhatara berkenan untuk membalas ketulusan Ratu Peranda.

Sabtu, 04 Oktober 2008

Upacara Pewintenan. Upacara yang ditujukan bagi kami para pengempon sekaligus panitia Karya Mamungkah yang bertujuan untuk menyucikan lahir bathin kami, bagi yang mungkin yang tidak mengerti upacara ini sama seperti upcara ruwatan. Semoga Ida Hyang Widhi berkenan menuntun kami berjalan dalam pelaksanaan upacara ini sehingga bisa selamat sampai usai tanpa ada halangan apapun Om Awignam Astu Namo Sidham.

Minggu, 05 Oktober 2008

Nuur tirta ke Pr. Dalem Peed, Pr. Puncak Mundi di Nusa Penida. Seruu, apalagi pas nyebrang laut wehh meski sudah lebih dari 3 kali tangkil (datang untuk sembahyang) tetap saja masih belum terbiasa dengan penyeberangan Padang bai – Nusa Penida, bayangin aja bila anda melihat air laut berada lebih tinggi dari perahu yang anda tumpangi, so pasti akan terlintas pemikiran-pemikiran horor seliweran di otak. Untunglah 40 menit doaku didengarNya kami sampai dengan selamat, tapi… film horor ini masih berlanjut. Perjalanan ke Puncak Mundi harus melewati jalan yang hanya cukup dilewati tepat 1 unit mobil saja, sementara disekitarnya… yahh cuma sekedar tebing dan jurang saja kok. Singkat cerita kami meneruskan nuur tirta dari Pr. Puncak Mundi, ke Pr. Dalem Peed dan setelah itu kami berpulang ke Bali.

Sebelumnya saya ceritakan sedikit, perjalanan kami nuur tirta (memohon air suci) untuk upacara kali ini kami lakukan ke hampir seluruh penjuru Pulau Bali selain ke Gunung Rinjani, NTB dan Gunung Semeru, Jatim. Hingga saat ini tak kurang dari 40 Pura besar telah kami datangi untuk prosesi ini. Adapun tujuan daripada nuur tirta ini adalah sebagai salah satu syarat upacara yang hendak kami lakukan.

Foto-foto diatas adalah sedikit doumentasi saya untuk memperkenalkan rangkaian “pembukaan” upacara yang akan kami lakukan, atau mungkin bagi yang membaca posting ini berkenan untuk hadir kami sangat terbuka untuk itu, rangkaian upacara puncak mulai dilaksanakan sejak kemaren hingga tanggal 17 Oktober 2008. So tunggu perkembangan ceritanya nanti di posting berikutnya.

2 thoughts on “Menjelang Karya di Pura Pesimpenan Baturaya, Karangasem bag. 2

  1. Salam bli, bih karya nya nya gede banget yah, pastilah sangat sibuk mempersiapkan segala sesuatunya. Semoga acara nya lancar dan senantiasa di bimbing oleh Beliau dan apa yang menjadi makna dari upacara tersebut memberikan dampak, tentunya dampak positif bagi pelaksana nya dan lingkungan sekitarnya, yen care base baline “dumadak pang mechina” karya punika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s